Sabtu, 10 Desember 2016

Dasar-dasar Manajemen - Pengorganisasian

 Sekarang saya akan membahas tentang pengorganisasian yang termasuk dalam sub bab dari mata kuliah Dasar-dasar manajemen yang merupakan mata kuliah umum dari Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung.

Pengertian Pengorganisasian menurut para ahli :
1. James D. Mooney    :Organisasi adalah bentuk setiapperserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
2. Chester I. Barnard    :Organisasi adalah suatu systemdari aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
3. George R.Terry         :Organisasi adalah tindakan mengusahakan hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang, sehingga mereka dapat bekerja sama secara efisien dan memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas dan mencapai tujuan.
4. Malayu SP. Hasibuan :Organisani adalah sistem perserikatan formal, berstruktur dan terogranisi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
Unsur Perorganisasian
1. Adanya sekelompok orang
2. Antar hubungan terjadi dalam suatu kerjasama yang harmonis
3. Kerjasama didasarkan atas hak, kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan.
Organisasi dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai seseuatu atau beberapa tujuan tertentu.
2. Organisasi dalam arti badan atau struktur adalah gambaran atau skematis tentang hubungan, kerjasama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha mencapai suatu tujuan.
Pengertian Rentang Kendali
Rentang kendali sangat penting dalam organisasi, karena berhubungan dengan pembagian kerja, koordinasi, dan kepemimpinan seorang pemimpin. Rentang kendali perlu dalam suatu organisasi karena adanya keterbatasan manusia, yaitu: keterbatasan waktu, pengetahuan, kemampuan dan perhatian. Rentang kendali adalah jumlah bahawan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalian scara efektif oleh seorang pemimpin, idealnya 3 sampai 9 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar