Kamis, 22 Desember 2016

Implikasi dan Aplikasi

Sekarang saya akan memberikan contoh dari mata kuliah logika informatika dalam Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung.

Sifat Operator Logika Implikasi
Misal  p : Saya haus
          q : Saya lapar
Secara aturan disjungsi bisa dikatakan :
p v q : saya lapar atau haus
q v p : saya haus atau lapar
Kedua kalimat memiliki makna yang sama, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada operator logika Implikasi.
Sifat Operator Logika Implikasi (2)
Misal p : anda memiliki password yang benar
         q : anda bisa log in ke akun gmail
Kita dapat membentuk 4 macam Implikasi, yaitu :
p -> q : Jika anda memiliki password yang benar maka anda bisa log in ke akun gmail
q -> p : Jika anda bisa log in ke akun gmail maka anda memiliki password yang benar
~p ->~q : Jika anda tidak memiliki password yang benar maka anda tidak bisa log in ke gmail
Konvers
Jika bentuk p -> q diketahui, maka bentuk q -> p dissebut konvers
Contoh :
Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
Jika saya orang kaya maka saya mempunyai mobil
Invers
Jika bentuk p -> q diketahui maka bentuk ~p -> ~q disebut invers.
Contoh :
Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
Jika saya tidak mempunyai mobil maka saya bukan orang kaya
Kontraposisi
Jika bentuk p -> q diketahui, maka bentuk ~q -> ~p disebut kontraposisi.
Contoh :
Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
Jika saya bukan orang kaya maka saya tidak mempunyai mobil.
Bentuk Umum

Tabel Kebenaran



Demikian yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar