Kamis, 22 Desember 2016

Validitas Argumen dengan Aturan Inferensi

Assalamualaikum. Wr.wb
kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang Validitas Argumen dengan Aturan Inferensi dalam mata kuliah Logika Informatika pada Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung.

Modus Ponens
Sangat sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari berupa janji dan aturan.
- Jika saya pandai maka ayah akan memberikan hadiah
- Jika anda mahasiswa MI maka anda wajib memakai seragam batik
p -> q
p
jadi q
Modus Tollens
Misal kita memiliki :
P1 : p q
P2 : ~q
C : ~p
Bentuk penarikan kesimpulan seperti diatas dinamakan modus tollens
Silogisme Hopotetika
P1 : p q
P2 : q r
C : p r
Penarikan kesimpulan datas dinamakan silogisme hopotetikal

Alat Bantu Tambahan
 1. Simplikatif
Peryataan "saya progrsmer dan desainer". Pernyataan tetap benar jika kita memilih salah satunya, "saya Programer" atau "saya desainer"
p^q          p^q
----- atau ----
p              q

2.Konjungsi
pernyataan "saya pintar" kemidian diberikan juga pernyataan "saya rajin belajar", maka kita dapat menyimpulkan pernyataan tersebut dengan menggabungkannya menggunakan operator konjungsi.
p
q
-----
p^q
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar